Simak Cara Mengetahui Undertone Kulit Agar Kamu Tidak Salah Pilih!

Pernahkah kamu bingung memilih make up yang cocok untuk kulitmu? Biasanya kesulitan memilih tersebut akibat tidak mengetahui jenis warna undertone kulit. Meskipun manusia memiliki salah satu kulit warna yang sama dari beberapa warna seperti putih, hitam, sawo matang, cokelat, dan kuning langsat, bukan berarti undertone kulit juga sama. 

Lantas jenis undertone kulit apa yang kamu miliki? Simak penjelasan di bawah ini agar kamu tahu cara mengetahui undertone kulitmu.

Undertone kulit

Mengenal undertone kulit adalah warna kulit alami yang terletak pada bagian bawah kulit terluar. Undertone kulit sering disalahpahami sebagai skintone, padahal keduanya memiliki definisi berbeda. Jika skintone mudah sekali diidentifikasi warnanya melalui mata telanjang dan bisa diubah melalui perawatan tertentu. 

Warna undertone kulit

Banyak orang yang mengira jika warna kulit terbatas hanya putih, hitam, cokelat, sawo matang, dan kuning langsat. Padahal warna tersebut belum termasuk undertone kulit. Lantas apa saja warna undertone kulit? Berikut adalah penjelasannya.

  • Hangat (warm): Biasanya jenis undertone ini melingkupi warna kulit seperti kuning, keemasan, dan peach
  • Dingin (cool): Jika kamu memiliki undertone merah muda maka jenis kulitmu termasuk dingin
  • Netral: Warna ini merupakan campuran dari jenis warna hangat dan dingin

Menentukan warna undertone kulit

Meskipun warna kulit bisa diubah melalui perawatan tertentu maupun aktivitas luar, undertone merupakan bersifat permanen atau tidak bisa diubah. Hal ini diakibatkan karena warna undertone ditentukan dari gen atau keturunan sehingga warna alami pada kulit tidak bisa diubah. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai warna undertone kulit, kamu harus lebih teliti lagi.

Cara mengetahui undertone kulit

Berikut adalah cara-cara mengetahui undertone kulit yang harus kamu ketahui. 

  1. Reaksi kulit karena paparan sinar matahari

Perhatikan reaksi kulit saat kamu berada di luar rumah dalam jangka waktu yang lama. Jika tidak ada perubahan warna kulit saat terlalu lama di bawah matahari maka jenis undertone kulitmu adalah warm tone. 

Sedangkan, jika kulitmu mengalami perubahan menjadi warna merah muda hingga kemerahan maka jenis kulit undertone yang kamu miliki adalah cool undertone. 

  1. Warna pembuluh darah

Kamu bisa cek warna pembuluh darah yang berada di pergelangan tangan. Jika warna ungu, undertone jenis kulitmu adalah cool. Warna hijau maka jenis undertone kulit adalah warm. Sedangkan campuran hijau dan ungu maka termasuk undertone jenis netral. 

  1. Tes warna pakaian

Selain dua di atas, kamu juga bisa menentukan jenis warna undertone kulit dengan tes warna pakaian. Cool undertone akan menunjukkan kecocokan jika dikombinasikan dengan warna pakaian seperti ungu, hijau, dan biru. Sementara warna warm undertone akan cocok dengan warna pakaian hijau olive, merah,dan kuning. 

  1. Tes Putih

Yang dimaksud dengan tes putih atau white test adalah mencocokkan warna kulit dengan benda-benda berwarna putih seperti handuk putih atau kertas putih. Jika benda tersebut disandingkan dengan kulit wajah dan menampakkan kulit lebih cerah maka jenis undertone adalah cool. Sedangkan jika warna kulit justru tidak bercahaya maka jenis kulit undertone adalah warm. 

  1. Warna mata

Cara lain memastikan undertone kulit adalah dengan memperhatikan warna mata. Pemilik bola mata berwarna cokelat memiliki undertone kulit warm, sementara bola mata berwarna abu-abu pekat atau biru maka undertone kulit adalah cool. 

Memilih produk sesuai undertone kulit

Biasanya wanita akan merasa kebingungan menentukan make up yang cocok untuk jenis kulit undertone. Simak penjelasan bahwa ini untuk tahu jawabannya. 

  • Cool undertone: gunakan blush warna merah muda. Gunakan juga foundation jenis sable, rose, dan porcelain
  • Warm undertone: gunakan blush berwarna peach atau emas. Biasanya lipstik yang cocok untuk undertone ini adalah merah dan sedikit orange. Foundation dengan jenis caramel, tan, chestnut, dan beige. 
  • Neutral undertone: gunakan blush keemasan hingga merah muda. Kulit ini cocok dengan foundation berwarna ivory, buff, nude, dan porceline

Saat ini kamu telah mengetahui cara menentukan warna undertone kulit yang kamu miliki. Kamu juga bisa mulai mencoba make up dan pakaian yang cocok untuk jenis warna undertone kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.