Nggak Susah, Kok! Berikut Cara Menghitung Siklus Haid Normal

Setiap wanita pasti mengalami menstruasi setiap bulan dengan waktu yang berbeda-beda. Namun, tidak sedikit wanita yang memiliki kondisi waktu siklus menstruasi tidak normal. Maksudnya adalah wanita tersebut menstruasi dua bulan sekali atau melebihi waktu menstruasi. 

Sayangnya, banyak wanita yang abai dengan ini karena menganggap hitungan siklus haid tidak penting. Padahal dengan mengetahui hitungan siklus haid bisa memprediksi mendeteksi kemungkinan untuk hamil hingga penyakit tertentu. Di artikel ini akan dipaparkan cara menghitung siklus haid normal.

Apa itu siklus haid?

Siklus haid atau menstruasi merupakan bagian dari rangkaian tubuh yang mengalami perubahan secara alami dan terjadi di bagian reproduksi wanita. Siklus masa haid rata-rata 7 hari. Masa ini merupakan rangkaian untuk mempersiapkan kehamilan pada wanita. 

Siklus haid normal

Kamu perlu mengetahui bahwa setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Rentang waktu siklus haid normalnya 28 hari sekali. Namun, ada sebagian wanita yang mengalami siklus haid selama 21-35 hari sekali juga. 

Adapun siklus haid sedikit lebih lama ketika baru saja menginjak masa pubertas. Sebaliknya, jika siklus haid memendek maka sedang memasuki masa menopause. Tidak hanya ini, kondisi tertentu juga membuat siklus haid tidak normal.

Cara menghitung siklus haid normal

Kamu tidak perlu bingung, cara menghitung siklus haid normal secara tepat adalah hitung dari hari pertama kamu haid di bulan itu. Pastikan yang keluar adalah darah haid bukan bercak maupun flek. Kemudian, tandai juga hari menstruasi pertama di bulan berikutnya.  Hitung rentang waktu antara menstruasi hari pertama di bulan sebelumnya hingga bulan berikutnya. 

Contoh, hari pertama kamu haid jatuh pada tanggal 15 April, kemudian di bulan selanjutnya kamu haid di tanggal 12 Mei. Hitunglah rentang waktu dari tanggal 15 April hingga sehari sebelum hari haid di bulan berikutnya yaitu 11 Mei. Jarak tersebut terhitung sebanyak 28 hari. Maka rentang waktu tersebut adalah termasuk siklus haid normal kamu.

Penyebab siklus haid terlambat

Apakah kamu sedang mengalami terlambat menstruasi? Bisa jadi ada beberapa faktor yang menyebabkan siklus haid terlambat. Berikut adalah penjelasan penyebab siklus haid terlambat:

  1. Obesitas atau kelebihan berat badan
  2. Stress atau depresi
  3. Berat badan turun drastis
  4. Pengaruh pil KB
  5. PCOS (polycystic ovary syndrome)
  6. Kelebihan hormon prolaktin
  7. Penyakit kronis
  8. Gangguan kelenjar tiroid
  9. Menopause lebih awal

Nah, demikian pemaparan mengenai siklus haid serta cara menghitung siklus haid normal. Jika kamu mengalami siklus haid tidak normal dalam jangka waktu panjang segerakan periksakan diri ke dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.